Dealer Resmi Honda Bandung – Seperti yang kita tahu, bensin adalah jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk kendaraan bermotor. Meskipun sudah ada teknologi yang memungkinkan kita untuk tidak mengisi bensin, tapi sampai saat ini bensin adalah bahan bakar yang paling umum digunakan masyarakat Indonesia.

perbedaan pertalite, pertamax dan pertamax turbo

Sampai sekarang ini, ada 3 jenis bensin yang sering kita jumpai di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), yaitu Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo. Namun, terkadang kita bingung menentukan bensin apa yang cocok dengan sepeda motor kesayangan kita?

Perbedaan antara Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo.

Apakah kamu sudah mengetahui jenis bensin apa yang tepat untuk motor kamu? Yuk simak perbedaan antara Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo agar kalian tidak salah lagi saat memilih bensin!

Perbedaan Nilai Oktan

Hal pertama yang harus diketahui untuk memilih bensin adalah nilai oktan. Apa sih Oktan? Oktan merupakan kandungan iso oktan di dalam bensin yang memiliki rumus kimia C8H18. Bilangan/Nilai Oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Dari sisi oktan, Pertalite memiliki RON (Research Octane Number) 90, Pertamax 92, dan Pertamax Turbo 98. “Lalu, apa pengaruhnya nilai oktan itu?” Semakin tinggi nilai oktan maka BBM akan semakin lama terbakar, sehingga tidak meninggalkan endapan atau ampas pada mesin. Bahan bakar yang memiliki nilai oktan tinggi, cocok untuk digunakan di mesin yang mempunyai kompresi mesin yang tinggi pula.

FYI, Kompresi adalah indikator yang menunjukkan jumlah tekanan yang ada di dalam silinder mesin kendaraan. Proses kompresi ini terjadi pada saat piston pada mesin kendaraan mulai menyemprotkan bahan bakar yang kemudian akan ditangkap oleh api busi.
Kompresi mesin juga bisa dijadikan patokan perbedaan Pertalite dan Pertamax.

Pertamax dibuat untuk mesin dengan kompresi diatas 10:1 sampai 10,9:1 atau kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI). Sementara, Pertalite ditujukan untuk kompresi di bawah Pertamax, yaitu 9:1 hingga 10:1. Berbeda dengan kendaraan bermotor dengan rasio kompresi mesin 11:1 hingga 12:1, wajib menggunakan BBM Pertamax Turbo.

Warna Cairan

Perbedaan berikutnya antara Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo adalah dari warna cairan. Masing-masing bahan bakar minyak memang diberikan warna yang berbeda, selain untuk pembeda antara satu dan lain, juga membuat pembakaran semakin sempurna.

Biasanya Pertalite berwarna hijau terang dan jernih, sementara Pertamax berwarna biru, serta Pertamax Turbo yang berwarna merah. Warna pada BBM ini berpengaruh pada kemampuan mesin, karena bahan bakar tanpa bahan pewarna mampu menghasilkan pembakaran lebih sempurna.

Tingkat Polusi

Setiap bahan bakar tentunya memiliki tingkat polusi yang berbeda berdasarkan kualitas dari bahan bakar tersebut. Perbedaan Pertalite dan Pertamax juga bisa dilihat dari tingkat polusi ini. Semakin tinggi nilai oktan dari BBM, maka polusi yang dihasilkan semakin kecil. Dengan kata lain, Pertamax Turbo yang memiliki nilai oktan 98 menjadi bahan bakar minyak yang paling kecil menghasilkan polusi dibanding Pertalite dan Pertamax. Jadi, sudah tahu, kan jenis bensin apa yang mampu menjaga lingkungan agar tetap sehat?

Perbedaan Harga

Terakhir untuk segi harga, seperti yang kita tahu bahwa di antara 3 jenis bahan bakar minyak di atas, Pertalite mempunyai harga yang lebih murah ketimbang Pertamax dan Pertamax Turbo. Itu karena, semakin tinggi nilai oktan suatu BBM, maka akan semakin tinggi harga jualnya.

Tentunya banyak orang yang mempertimbangkan harga dari BBM untuk menyesuaikan dengan kemampuan ekonominya. Namun, untuk performa terbaik dan menjaga kualitas mesin motor kesayangan kamu, pilihlah jenis bensin yang tepat secara bijak.

Jenis Bensin Apa yang Terbaik untuk Motor kamu?
Nah, sebagai kesimpulan, dari ketiga jenis bensin di atas, Pertamax Turbo memiliki banyak keunggulan di antara jenis bensin yang lain.

Seperti yang dilansir oleh Pertamina, bahwa Pertamax Turbo dikembangkan dengan formula yang disebut Ignition Boost Formula (IBF), dengan kadar sulfur rendah sehingga tidak merusak kualitas udara di sekitarnya.

Kelebihan dan manfaat Pertamax Turbo

5 kelebihan dan manfaat penggunaan Pertamax Turbo pada mesin, adalah:

  1. Meningkatkan drivability kendaraan sehingga lincah bermanuver
  2. Akselerasi mesin menjadi lebih bagus karena torsi yang dihasilkan lebih tinggi
  3. Meningkatkan kecepatan maksimal (top speed) kendaraan
  4. Peningkatan tenaga mesin kendaraan
  5. Menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin

Dengan kata lain, jika kamu memiliki motor sport dengan cc yang tinggi, seperti CB150R atau CBR150R, maka, Pertamax Turbo adalah jenis bensin yang terbaik untuk performa dan untuk menjaga kualitas motor sport kamu.

Berbeda dengan Pertamax Turbo, Pertamax mampu membersihkan bagian dalam mesin (detergency), Pertamax juga dilengkapi dengan pelindung anti karat pada dinding tangki kendaraan, saluran bahan bakar dan ruang bakar mesin (corrosion inhibitor), serta mampu menjaga kemurnian bahan bakar dari campuran air sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna (demulsifier).

Bensin berjenis Pertamax lebih tepat digunakan untuk kamu yang memiliki motor High-End seperti Honda PCX, Honda ADV, atau motor Honda lainnya yang sudah memakai teknologi Enhanced Smart Power (esP) seperti Honda Vario eSP.

Meskipun kedua jenis bahan bakar minyak di atas lebih unggul, Pertalite lebih tepat digunakan untuk kendaraan bermesin bensin yang saat ini beredar di Indonesia. Dengan tambahan additive, Pertalite mampu menempuh jarak yang lebih jauh dengan tetap memastikan kualitas dan harga yang terjangkau.

Jenis bensin ini akan cocok digunakan bagi kamu yang memiliki motor Low-End hingga Mid-End seperti Honda BeAT, Honda Scoopy, Honda Vario 110, dan Honda Revo.

Gimana, sudah tahu kan perbedaan dari jenis bensin Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo? Terlepas dari rekomendasi jenis bensin di atas, kamu bisa mencoba jenis bensin yang lain untuk merasakan performa yang berbeda. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin untuk sepeda motor kamu di bengkel resmi Honda, ya!

Semoga bermanfaat!

Leave a comment